Ini Penyebabnya Kanker Julia Perez & Renita Sukardi Muncul Lagi

Senin, 17 April 2017 - 09:20 WIB
Ini Penyebabnya Kanker Julia Perez & Renita Sukardi Muncul Lagi
Ini Penyebabnya Kanker Julia Perez & Renita Sukardi Muncul Lagi
A A A
JAKARTA - Sejumlah selebritas seperti pedangdut Julia Perez dan mendiang pesinetron Renita Sukardi sebelumnya sempat dinyatakan sembuh dari penyakit kanker yang dideritanya. Namun, beberapa waktu kemudian, keduanya kembali didiagnosa menderita penyakit mematikan tersebut.

Lantas kenapa hal ini bisa terjadi? Terkait hal ini, Ketua Himpunan Ongkologi Ginekologi Indonesia, Prof. Dr. dr. Andrijono SpOG(K) menjelaskan, kondisi ini disebabkan oleh virus penyebab kanker tidak mati dan masih ada di dalam tubuh. Selanjutnya, virus kembali tumbuh.

"Kemoterapi itu tidak mematikan virus sepenuhnya, masih ada 10% lagi (di tubuh). Virus penyebab kanker serviks masih ada di dalam tubuh, masih bisa tumbuh lagi. Saat di scan kan ada batasnya biasanya masih di mulut aja. Ada evaluasinya, tapi dokter biasanya hanya dipermukaan saja, padahal masih ada risiko," papar Prof Andri.

"MRA, kemoterapi cuma bisa satu cm. Lebih dari itu nggak bisa. Jadi kemungkinan masih ada ketinggalan. Sel kanker bisa berlindung dari obat dan lolos dan pura-pura mati padahal masih hidup. Bisa nyelip dan berubah bentuk dari bulat jadi gepeng. Dia (sel kanker) itu pintar sekali," tambahnya.

Sementara sisa sel kanker tersebut akan mati dengan daya tahan tubuh. Di mana jika daya tahan tubuh lemah, virus akan kembali muncul, dua sampai tiga tahun kemudian. Oleh karena itu, Prof Andri pun menyarankan untuk menjalankan pola hidup sehat dan hindari stres.

"Sisa 10% virus kanker serviks itu akan mati dengan daya tahan tubuh. Kalau daya tahan tubuh lemah, dia (virus) akan muncul lagi. Sistem imun kita jangan sampai terkena infeksi, seperti hepatitis. Karena kalau sudah terkena, otomatis daya tahan tubuh melawan virus dan infeksi. Jadi lelah, jadi sel kanker timbul lagi," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9448 seconds (0.1#10.140)